Selasa, 08 Oktober 2013 - 16:07:31 WIB
Tahukah Anda Cabai - Cabai Terpedas Dunia
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hiburan - Dibaca: 21144 kali

Sebelum melihat cabe-cabe yang super pedas ini ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui sedikit sejarah penemu ukuran tingkat kepedasan cabe.

Satuan Scoville dinamai mengikuti nama Wilbur Scoville pada 1912. Saat itu, ia bekerja untuk sebuah perusahaan farmasi bernama Parke-Davis. Di sana ia mengembangkan satu tes yang disebut “Tes Scoville Organoleptic”. Tes ini adalah untuk yang mengukur tingkat kepedasan cabai.

Pada dasarnya, Scoville menghancurkan cabai dan mencampurkannya dengan air gula lalu mengujinya kepada satu kelompok pencicip yang menyeruput larutan air-gula-cabai ini. Ia kemudian mengencerkan larutan itu sedikit demi sedikit hingga tak lagi “membakar” lidah para pencicip. Setelah itu, ia memberi angka terhadap cabai tersebut berdasarkan jumlah pengenceran yang ia mesti lakukan untuk menghilangkan rasa pedasnya.

Ukuran ini dibagi ke dalam kelipatan 100. Catat bahwa 1 bagian per 1.000.000 pengenceran dengan air sama dengan 1,5 satuan Scoville. Capsaicin murni, zat yang membuat cabai terasa pedas, bernilai 15-16 juta satuan Scoville. Ini luar biasa pedas! Anda bisa menyimak daftar tingkat kepedasan beraneka jenis cabai dan membandingkan tingkat kepedasan satu cabai dengan yang lain, serta laitannya dengan capsaicin murni.

Kini, pengujian tingkat kepedasan cabai tak sesubyektif yang dilakukan Wilbur Scoville lagi. Metodenya telah digantikan dengan High Performance Liquid Chromatography (HPLC), yang mengukur kepedasan cabai yang menghasilkan zat-zat kimia dan mengukurnya menggunakan satuan kepedasan ASTA (American Spice Trade Association/Asosiasi Perdagangan Rempah-Rempah Amerika).

*SHU = Scoville Heat Unit.
*Ukuran SHU untuk sebuah cabe normal berkisaran pada 1000 - 10.000 SHU.
 
 
15. Anaheim Pepper
 
 
Scoville rating : 500-2500 SHU
Nama Anaheim sebenarnya adalah nama sebuah daerah. Nama itu diberikan karena ada seorang petani bernama Emilio Ortega yang membawa benih cabe ini ke daerah Anaheim pada awal tahun 1900. Sebutan lainnya adalah California Chile atau Magdalena. Varietas cabe ini yang tumbuh di New Mexico memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 4500 sampai 5000 Scoville units.

14. Jalapeño

Scoville rating : 2500-8000
Bentuknya kaya terong, tapi itu bukan terong, itu cabe jalapeño. Cabe ini sudah termasuk panas, dan sudah dapat memberikan sensasi terbakar saat memakannya (pedas). Panjang cabe ini antara 5 - 9 cm. Cabe ini berasal dari Meksiko. Di Meksiko terdapat lahan seluas 160 km persegi yang hanya digunakan untuk menanam cabe jenis ini! Daerahnya terutama di lembah sungai Papaloapan, sebelah utara Veracruz.

13. Serrano Pepper
 
 
Scoville rating : 10.000-23.000
Cabe ini juga dari Meksiko, di daerah pegunungan Meksiko. Rasa pedasnya menggigit, lebih pedas dari jalapeño, dan biasanya dimakan mentah - mentah. Bentuknya memang mirip dengan cabe rawit dari Indonesia, tapi ini adalah spesies yang berbeda.

12. Cayenne pepper
 
 
 
Scoville rating : 30.000-50.000
Merah Cabe! Benar-benar cabe yang menunjukkan ke-cabe-annya melalui warnanya. Cabe ini namanya Cayenne atau Guinea Pepper atau Bird Pepper. Cabe ini adalah cabe merah yang pedas, digunakan untuk bumbu masakan ataupun untuk keperluan medis. Namanya berasal dari kota Cayenne di French Guiana. Cabe ini digunakan untuk masakan pedas, baik dalam bentuk utuh ataupun bubuk. Bahkan cabe ini juga digunakan untuk herbal.

11. Thai Pepper
 
 
 
Scoville rating : 50.000–100.000 SHU
Cabe yang kalau di Indonesia ini sering dimakan dengan tahu goreng ini  adalah Thai Pepper (พริกขี้หนู phrik khi nu) atau dalam bahasa Indonesia "Cabe Rawit", atau Cengek dalam bahasa Sunda. Cabe ini banyak terdapat di Asia Tenggara seperti : Thailand, Kamboja, Vietnam, Indonesia, dan sekitarnya. Ternyata orang Indonesia memang kuat pedas, buktinya cabe yang biasa "dimakan" sehari-hari saja berada dalam 50.000–100.000 SHU.
 
 
10. Byadgi Chilli
 
 
Selevel dengan Thai Pepeper adalah Byadgi Chilli merupakan cabe yang umunya tumbuh di Karnataka, India. Memiliki skala 50,000 - 100,000 SHU. Cabe ini dikenal karena sering di gunakan sebagi bahan penyedap di berbagai masakan. Minyak dari cabe ini sering di gunakan untuk merawat kuku, semir bahkan lipstick. Cabe ini sangat terkenal di india, di karenakan bukan hanya untuk sebagai penyedap makanan namun memiliki jumlah vitamin A, B, C dan E beserta mineral.

 
 
9. Chiltepin Pepper
 
 
Chiltepin pepper di sebut juga sebagai ibu dari segala cabe di karenakan cabe ini merupakan spesies cabe tertua, merupakan satu-satunya cabe liar yang tumbuh di Barat Texas hingga Arizona. Memiliki skala 50.000 - 100.000. Cabe ini memiliki sejarah yang panjang di negara United State dan Perbatasan Mexico, dimana cabe ini  digunakan sebagai makanan, obat, dan ikon mistis. Bahkan di katakan bahwa tidak ada satu pun rumah yang tidak memiliki sebotol Cabe ini. Cabe ini dapat di gunakan untuk dimakan bersama dengan asinan, keju, fermetasi yang menjadikannya saus bahkan Es krim.
 
Malagueta Pepper merupakan cabe yang paling sering di gunakan di negara brasil, portugal dan mozambique, memiliki skala 60,000 - 100,000 SHU. Dalam bahasa portugal, Malagueta memiliki arti sebagai varias luas dari Cabe Pedas. Cabe ini memiliki 2 ukuran di pasar, bahkan terkadang dengan nama yang berbeda :
  • Ukuran kecil di sebut dengan "Malaguetinha".
  • Ukuran besar di sebut dengan "Malaguetao".
Cabe ini tidak memiliki variasi yang berbeda, hanya tingkat pertumbuhan cabe ini ketika di panen.

 
8. Habanero pepper
 
 

Scoville rating : 100.000–350.000
Cabe ini adalah salah satu cabe yang amat pedas pada genus-nya, yaitu capsicum. Saat mentah berwarna hijau, saat matang warnanya oranye atau merah. Namun kadang terlihat juga warna putih, coklat dan bahkan pink! Ukuran panjang sekitar 2-6 cm. Cabe ini banyak berasal dari Yucatan dan daerah sekitar pantainya. Nama cabe ini berasal dari kota di Cuban, kota di La Habana. Walaupun tempat itu bukanlah tempat asalnya, namun cabe ini banyak deperjualbelikan disana.
 
 
7. Scotch Bonnet Pepper  

 
Selevel dengan Habanero Pepper adalah Scotch Bonnet Pepper biasanya di temukan di kepulauan Caribbean dan beberapa bagian dunia seperti Afrika barat dan United State, memiliki skala 100,000 - 350,000 SHU. Dikatakan bahwa hanya butuh 1 gigitan dari cabe ini untuk membuat pecinta cabe manapun mengeluarkan Air Mata.

 
 
 
6. Red Savina Pepper
 
 Scoville rating : 350.000-580.000
Cabe ini adalah varietas khusus dari cabe Habanero, yang dikembangbiakkan khusus agar mendapat cabe yang lebih pedas, besar dan berat. Frank Garcia di Walnut, California adalah pengembang cabe Red Savina ini. Metodenya masih rahasia dan tidak diketahui umum. Cabe ini memegang rekor sebagai cabe terpedas di dunia dari tahun 1994 sampai 2006 dan dicatat oleh Guinness World Records. Namun pada Februari 2007, cabe ini harus turun dari singgasananya. Dikatakan bahwa hanya butuh 1 gram dari cabe ini untuk 1,272 pounds (579 Kg) saus pedas, bahkan jika anda mencoba untuk mengigit cabe ini rasanya bagaikan seperti main lompat Bungee di karenakan saking pedasnya anda akan meronta-ronta.

 
 
5. Infinity Chilli Pepper
 
 
Sesuai dengan namanya "Infinity" yaitu tidak terhingga, cabe ini pantas dinamakan seperti ini di karenakan rasa pedasnya yang seperti tidak akan pernah berakhir. Memiliki skala 1,000,000 SHU. Cabe ini di budidayakan di Lincolnshire, England oleh Nick Woords, cabe ini ditemukan melalui perkawinan silang variasi yang tidak di sengaja.

 
 
4. Bhut Jolokia
 
 
 
 

Scoville rating : 855.000-1.050.000 SHU
Cabe dengan julukan "Ghost Pepper" atau Cabe Stan ini telah dikonfirmasikan oleh Guiness World Record sebagai salah satu cabe terpedas di dunia, menggantikan Red Savina. Cabe ini berasal dari daerah Assam di timur laut India, cabe ini juga tumbuh di Nagaland dan Manipur. Terdapat sedikit keraguan mengenai spesies dari cabe ini, apakah masuk ke dalam capsicum frutescens atau capsicum chinense, namun berdasarkan tes DNA diketahui bahwa ini adalah spesies hibrida, dengan dominan capsicum chinense dan sedikit capsicum frutescens. Cabe ini sangat pedas bahkan di katakan bahwa pasukan armada india mengembangkan cabe ini sebagai senjata, dimana sari dari cabe ini digunakan sebagai grenade cabe untuk membutakan mata musuh.

 
 
 
3. Naga Viper
 
 
Naga Viper di budidayakan di Cumbria, England. Oleh seorang petani cabe yang bernama Gerald Fowler. memiliki tingkat skala 1,382,111 SHU. Naga Viper merupakan persilangan tiga dari Bhut Jolokia, Naga Morich dan variasi Trinidad Scorpion, di katakan bahwa ketika anda memakannya anda tidak akan merasakan apapun pada awalnya namun sesaat kemudian akan terasa api yang membakar di perut anda selama 1 jam dan perut anda akan sakit selama seharian karena mengalami luka.
 
 

2. Trinidad Scorpion
 


 
Cabe ini sebelumnya di kenal sebagai cabe terpedas di dunia dengan skala 1,400,000 SHU. Cabe ini walau terlihat biasa saja namun memiliki panas dan pedas yang sangat luar biasa, hingga untuk memegang cabe ini saja anda harus menggunakan sarung tangan. Di katakan bahwa untuk memasak cabe ini, di butuhkan pelindung pakain satu badan dan sarung tangan, di karenakan cabe ini yang sangat panas, bahkan di katakan bahwa orang yang memasak cabe ini mengalami kesemutan di tangannya di karenakan panas cabe ini walau sudah memakai pelindung tangan.


1. Moruga Scorpion



 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Peringkat Nomor 1 untuk cabe terpedas di Dunia di miliki oleh Moruga Scorpion dengan tingkat SHU sebesar 2,009,231 dalam skala scoville. Walaupun terkenal akan pedasnya cabe ini, namun cabe ini memiliki rasa yang seperti buah, sehingga ketika anda memakannya maka akan terasa kombinasi antara manis dan pedas. Sebaiknya anda jangan berpikiran untuk memakan cabe ini, di karenakan hanya satu gigitan saja dapat membakar lidah anda, apalagi ketika anda mencoba untuk menelan cabe ini.
 
 
 
 
 
 
Sumber tulisan: revorts.blogspot.com



Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)