Senin, 28 Januari 2013 - 10:46:00 WIB
Manfaat dan Efek Samping Bawang Putih
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 16038 kali

Selama ini mungkin Anda mengira bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masak biasa atau properti dalam film Vampir. Usut punya usut, ternyata bawang putih punya lebih banyak manfaat bagi kesehatan.

Umumnya bawang putih digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga sebagai anti bakteri. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dimakan mentahpun, si bawang putih ini tetap memberikan khasiat baik untuk kesehatan?

Jangan terlebih dahulu membayangkan aroma pedasnya, coba intip beberapa manfaat bawang putih bila dimakan mentah berikut ini...

Manfaat 1.

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Jika Anda adalah perokok berat, Anda boleh mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

Manfaat 2.

Bawang putih mengandung anti-peradangan. Sehingga jika Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, cukup hanya mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

Manfaat 3.

Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Apabila Anda mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Pencernaan Andapun akan semakin lancar.

Manfaat 4.

Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini.

Manfaat 5.

Jika Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang nyari. Bawang putih akan meredakan nyeri tersebut.

Manfaat 6.

Keracunan akibat merkuri atau arsenik juga dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, pertolongan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter jika Anda mengalaminya.

Manfaat 7.

Mengunyah bawang putih merah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Manfaat 8.

Apabila Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah.

Karena aromanya yang cukup tajam, dianjurkan selalu menggosok gigi setelah mengunyah si bawang putih ini. Anda juga tak mau kan kalau lawan bicara merasa terganggu karena aroma nafas Anda yang kurang sedap. Selamat mencoba ya.
 
 
Efek Samping

Namun bawang putih tidaklah sempurna. Selain napas, bawang putih ada efek samping lain mungkin, terutama jika digunakan secara berlebihan. Gunakan akal sehat dan tidak berlebihan.
Bawang putih mentah sangat kuat, jadi makan terlalu banyak dapat menghasilkan masalah, contoh : iritasi atau bahkan kerusakan pada saluran pencernaan.

Ada beberapa orang yang alergi terhadap bawang putih. Gejala alergi bawang putih termasuk ruam kulit, suhu dan sakit kepala. Juga, bawang putih berpotensi mengganggu anti-koagulan (zat yang mencegah penggumpalan darah), jadi sebaiknya dihindari sebelum operasi. Seperti obat apapun, selalu periksa dengan dokter Anda terlebih dahulu dan memberitahu dokter Anda jika Anda menggunakannya.

Penting: Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2001 menyimpulkan bahwa suplemen bawang putih "dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bila dikombinasikan dengan jenis obat yang dipakai untuk mengobati HIV / AIDS".Keterangan lebih lanjut tersedia di situs NIAID.

Bawang putih membuat suplemen kesehatan yang luar biasa bagi banyak orang tetapi apa yang disebut "obat bawang putih" adalah pengganti untuk obat alternatif : makan yang masuk akal dan olahraga yang tepat. Bawang putih harus dilihat sebagai bagian dari gaya hidup sehat - bukan sebagai alternatif untuk itu. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu mengenai kondisi medis.

Untuk menghilangkan bau setelah kita  mengkonsumsi bawang putih, kita dapat melakukan cara–cara berikut ini :
  1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih
  2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah
  3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor
  4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar

Ingat "bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar".

Sumber : vemale.com, garlic-central.com dan berbagai sumber



Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)