Senin, 25 Juni 2012 - 13:20:48 WIB
Cara Mengkonvert File Audio Menggunakan Winamp
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Tehno, Komputer dan Dirgantara - Dibaca: 709 kali

Banyak cara untuk mengkonvert suatu file audio menjadi file-file lain yang ber-extension macam-macam seperti WAV atau MP3. Salah satu software pemutar musik gratisan yang sudah sangat terkenal dan popular yaitu Winamp salah satunya. Mengkonvert file dengan Winamp ternyata sangat mudah dan praktis.
 

 
Winamp mendukung berbagai format musik kontemporer dan khusus file, termasuk MIDI, MOD, MPEG-1 layer audio 1 dan 2, AAC, M4A, FLAC, WAV, OGG Vorbis, dan Windows Media Audio. Mendukung playback untuk MP3 dan gapless AAC, dan Replay Gain untuk meratakan volume di trek. Selain itu, Winamp dan impor dapat memutar musik dari CD audio, opsional dengan CD-Teks, dan juga dapat membakar musik ke CD. Winamp mendukung pemutaran Windows Media Video dan Nullsoft Streaming Video, serta sebagian besar format video yang didukung oleh Windows Media Player. 5.601 Surround sound didukung di mana format dan Decoder memungkinkan.
 
Karena kepopularannya Winamp biasanya hampir selalu ada pada setiap komputer. Namun banyak orang yang belum menyadari bahwa winamp dapat digunakan untuk mengkonvert file. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
 
 
1. Tentunya install terlebih dahulu Winamp
Kebetulan yang saya gunakan versi 5.601 atau bisa anda download versi terbaru di Winamp
 
2. klik kanan pada Winamp (sebaiknya pada bagian atas atau minimal di bagian tulusan "WINAMP PLAYSLIST") pilih option lalu preferences, atau langsung Ctrl + P pada keyboard anda.
 
 
 
3. Pada jendela preferences pilih subdirectory plug-ins yakni output.
 
 
4. Klik dua kali pada “Nulsoft Disk Writer..." atau klik sekali pada  “Nulsoft Disk Writer..." lalu klik configure dibagian bawah dan akan muncul jendela baru.
 
5. Pilih directory untuk menyimpan hasilnya nanti seperti terlihat pada gambar. Lalu pilih format apa yang diinginkan tandai dengan di klik “convert to format”.
 
 
6. Klik “Convert to format” lalu tentukan format filenya yaitu : PCM untuk wav atau MPEG Layer-3 untuk file mp3 lalu klik juga pada “override thread priority (hack) lalu ok.
 
7. Keluar dari menu preferences dan winamp anda sudah siap untuk mengkonvert atau membuat file WAV atau mp3.
 
8. Misalkan ambil file lagu mp3 dan di konvert ke  WAV lalu klik Play dan hasilnya pada folder yang telah anda pilih.



Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)